Bagaimana cara menyimpan riwayat percakapan WhatsApp

Kali ini, kami ingin membahas tips tentang cara menyimpan riwayat percakapan WhatsApp sebagai file teks. Hal ini perlu diketahui mengingat banyak hal penting yang dibahas tentang aplikasi chatting ini saat ini. Harap dicatat bahwa tips ini adalah tips untuk WhatsApp Windows Phone.

Sebelum menangani masalah mengekspor riwayat percakapan ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pertama, kami dapat mengarsipkan dan mencadangkan percakapan WhatsApp. Kedua, WhatsApp secara otomatis mencadangkan percakapan setiap jam 4 pagi. Ketiga, kita dapat mengembalikan riwayat percakapan jika kita menginstal ulang WhatsApp. Hal-hal di atas memang lebih mudah dan membuat hidup lebih indah. Ibu jari.

Namun, masalah muncul ketika kita mengganti nomor ponsel. Karena WhatsApp menggunakan nomor ponsel sebagai identitas, nomor baru memulai segalanya dari awal lagi. Ini berarti kami tidak dapat memulihkan percakapan dari akun WhatsApp lain.

Lalu bagaimana dengan panggilan penting yang dilakukan di nomor lama/berbeda? Solusinya adalah menyimpan percakapan WhatsApp sebagai teks dan mengirimkannya melalui email.
Bagaimana cara menyimpan riwayat percakapan WhatsApp ke email

Buka percakapan yang ingin Anda simpan (bisa pribadi atau grup).
Ketuk ikon (Lainnya). Pilih Info (untuk pribadi) atau Info Grup.
Ketuk ikon (Lainnya) lagi. Pilih "Riwayat obrolan email".
WhatsApp membuka halaman share dan kita bisa memilih layanan email yang kita gunakan.
Riwayat percakapan WhatsApp dimasukkan sebagai lampiran dalam format teks (.txt).
Kirim email ke alamat email yang Anda inginkan (ya, saya mencoba mengirim dan menerima dengan alamat email yang sama dan berhasil).

Jika Anda ingin membaca transkrip percakapan, cukup unduh dan buka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad, atau aplikasi lain yang mendukung format .txt. Transkrip berisi urutan percakapan dalam bentuk berikut:

02/03/1016 9:30:00 Anom Birowo: Halo Dunia…
02/03/1016 9:30:06 Anom Birowo: Ini hanya contoh.

Sayangnya, sayangnya, WhatsApp saat ini tidak mendukung penyimpanan riwayat media sebagai lampiran dalam email. Meski sebenarnya cukup bisa dimaklumi mengingat ukuran filenya bisa dibilang cukup besar.

Lihat juga
Cara berlangganan Amazon Prime Video tanpa kartu kredit
Dalam tutorialnya

Kemudian, karena WhatsApp sekarang mendukung fitur Star Message, sebenarnya akan lebih mudah jika daftar percakapan yang berkilau bintangnya dapat disimpan melalui email. Namun, saat ini tidak memungkinkan.

Nah, itulah cara menyimpan history percakapan WhatsApp sebagai file teks melalui email. Jika memang beberapa kontak atau grup penting, jangan lupa untuk membuat cadangan seperti ini. Siapa tahu suatu saat akan dibutuhkan.

Sumber :